Mirai; Kendaraan Berbahan Bakar Hidrogen Dari Toyota

Produsen Toyota Astra Motor (TAM) memperkenalkan Toyota Mirai, sebuah kendaraan yang didesain ramah lingkungan berbahan bakar hidrogen. Toyota Mirai diperkanalkan pada pada hari kedua Gaikindo International Indonesia Auto Show (GIIAS) 2015.

“Mirai memakai materi bakar hidrogen. Kehadiran Toyota Mirai akan mendorong diversifikasi materi bakar dan akan mengurangi ketergantungan pada materi bakar fosil. Hidrogen akan menjadi materi bakar masa depan,” demikian kata Rahmat Samulo, Direktur Marketing TAM di Serpong, Tangerang, Banten, sebagaimana dilansir AntaraNews, Jumat (21/8).

Lebih lanjut, Samulo menjelaskan bahwa Toyota Mirai ialah kendaraan pertama yang diproduksi secara massal di Amerika Serikat, Eropa, dan Jepang dikala ini.

 sebuah kendaraan yang didesain ramah lingkungan berbahan bakar hidrogen Mirai; Kendaraan Berbahan Bakar Hidrogen dari Toyota

Toyota Mirai di desain mempunyai panjang 4,89 meter dan lebar 1,815 meter memakai mesin penggagas yang menggabungkan fuel cell dengan hybrid sehingga lebih efisien.

Karena memakai materi bakar hidrogen, maka Toyota Mirai sama sekali tidak menghasilkan emisi gas buang.

Mobil ini juga hanya memakai motor penggagas sehingga tidak menghasilkan bunyi mesin ketika dioperasikan. Untuk itu Toyota berusaha menurunkan tingkat bunyi dari jalan yang masuk ke dalam ruang kabin.

Uji yang dilakukan Toyota Motor Corporation, Toyota Mirai mempunyai daya jelajah sampai 700 kilometer untuk satu kali pengisian materi bakar full tank.