Harga Rupiah Menurun, Ford Enggan Naikkan Harga

 Hingga ketika ini nilai tukar rupiah terhadap dolar masih terus mengalami penurunan Harga Rupiah Menurun, Ford Enggan Naikkan Harga

BintangOtomotif.com – Hingga ketika ini nilai tukar rupiah terhadap dolar masih terus mengalami penurunan, ketika ini kabarnya telah mencapai Rp 14 ribu per dolar. Bagi kebanyakan produsen yang mendatangkan produknya maupun barang – barangnya dari luar negeri terang hal tersebut sangat merugikan sekali alasannya mahalnya biaya pengiriman. Meskipun demikian Ford Motor Indonesia (FMI) selaku biro resmi dari Ford di pasar Indonesia belum mempunyai niat untuk menaikkan harga kendaraan produksi mereka. Kabar ini diungkapkan pribadi oleh Bagus Susanti selaku Managing Director PT FMI, menurutnya hingga ketika ini pihaknya masih ingin mempertahankan harga yang ada namun dirinya juga tidak memungkiri jikalau untuk kedepannya bakal menaikkan harga alasannya mereka juga tidak ingin mengalami kerugian yang cukup besar.

Hingga sekarang pihak Ford Indonesia sendiri masih melihat situasi dan juga perkembangan pasar hingga simpulan tahun mendatang, Bagus berharap di bulan berikutnya nilai tukar rupiah dapat kembali membaik semoga tidak mengalami kenaikan harga. Dirinya juga menjelaskan bahwa perekonomian dalam negeri ketika ini memang dalam situasi yang jelek dan dapat dikatakan merupakan yang paling rendah semenjak masa orde baru. Banyak perusahaan mulai mencicipi dampaknya terutama bagi beberapa perusahaan yang masih mengimpor beberapa sparepart mereka. Untuk menghindari bahaya kerugian yang lebih besar lagi maka menaikkan harga jual di rasa merupakan salah satu jalan yang akan dipilih.

Namun hingga ketika ini pihak dari Ford Indonesia belum memikirkan untuk menaikkan harga kendaraan produksi mereka, namun jikalau nantinya mereka akan menerapkan kenaikan harga maka pihak FMI akan mengumumkannya ke publik. Sekedar gosip bahwa seluruh produk yang dimiliki oelh Ford Indonesia didatangkan dari luar negeri menyerupai Thailand dan Amerika Serikat. Meskipun ketika ini rupiah sedang mengalami penurunan yang sangat drastis namun FMI yakin dapat tetap bertahan di tengah kondisi menyerupai ketika ini dan guna untuk meningkatkan jumlah penjualan pihaknya secara resmi membuka sembilan dealer gres yang tersebar di beberapa titik di Indonesia. Kesembilan dealer gres milik Ford Indonesia ini diantaranya berada di Jakarta Selatan, Palu, Bintaro, Depok, Bumi Serpong Damai, Lampung, Pontianak, Palembang dan Bandung. Khusus dealer gres milik FMI yang ada di daerah BSD mempunyai kapasitas yang cukup besar alasannya merupakan bagunan tiga lantai dengan luas mencapai 3.378 meter persegi dan di berdiri di atas tanah seluas 6.325 meter persegi yang dapat menampung servis kendaraan hingga sebayak 50 unit.

FMI pada tahun ini mempunyai tiga produk andalan yakni All New Ford Everest, New Ford Ranger dan New Ford Focus. Semua unit tersebut didatangkan secara impor dari Thailand yang pastinya mempunyai aksara yang berbeda – beda. Untuk kendaraan beroda empat SUV Ford Everest generasi terbaru yang mempunyai dua tipe ialah Trend Trend 4�2 2.2L Duratorq TDCi AT dani Titanium Plus 4�2 2.2L Duratorq TDC-i AT masing – masing dibanderol seharga Rp. 560 juta dan Rp 634 juta. Sementara untuk Ford Focus yang tampil dengan desain yang lebih stylish dibanderol dengan harga Rp 403 juta hingga Rp 485 jutaan. Namun untuk Ford Ranger yang sekarang hadir dengan enam warna dibanderol dengan harga Rp 314,8 juta hingga Rp 488 juta.