Efektifkan Fungsi Lampu Merah, Polri Rilis Yellow Box Junction

Saat Anda berjalan melewati jalan perempatan yang ramai kemudian lintasnya, maka Anda dapat saksikan sebuah kotak berwarna kuning di tubuh jalan. Seperti yang juga tampak di persimpangan Traffic Light depan Sarinah Jl. MH Thamrin Jakarta Pusat. Mungkin Anda bertanya-tanya, itu gambar apa sih dan buat apa fungsinya kotak kuning itu?

Perlu diketahui, bahwa kotak tersebut disebut Yellow Box Junction (YBJ). YBJ yakni marka jalan yang bertujuan mencegah kepadatan kemudian lintas di jalur dan berakibat pada tersendatnya arus kendaraan di jalur lain yang tidak padat. Dengan YBJ, diperlukan kepadatan di persimpangan tidak terkunci.

Yellow Box Junction sangat mempunyai kegunaan di persimpangan-persimpangan jalan yang padat, pada jalan-jalan utama serta ketika waktu puncak kepadatan kemudian lintas. Banyak pengguna kendaraan bermotor tetap menerobos lampu (traffic light) merah, ketika antrean kendaraan di depannya belum terurai. Adanya YBJ ini walaupun lampu traffic light sudah hijau pengguna jalan yang belum masuk YBJ harus berhenti ketika ada kendaraan lain di dalam YBJ. Mereka gres dapat maju kalau kendaraan di dalam YBJ sudah keluar.

Bagi pengendara yang tetap memaksa memasukkan kendaraannya ke dalam YBJ, padahal masih ada kendaraan lain di dalamnya, maka akan di tilang, ini sama saja melanggar marka jalan.

Yellow Box Junction akan berfungsi maksimal kalau ada kesadaran dari pengguna jalan. Sebab kesadaran warga juga kunci utama kelancaran kemudian lintas. Kaprikornus kalau pengendara melihat jalur di depan tersendat, sebaiknya tidak memaksa masuk ke YBJ walaupun lampu masih hijau. Sehingga ketika jalur lain hijau, tidak akan terjadi tersendatnya arus kemudian lintas.