Benarkah Menggoyangkan Kendaraan Dikala Isi Bbm Dapat Menambah Kapasitas Tangki?

Saat mengisi BBM di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), sering kita dapati fenomena yang absurd tapi sudah dianggap biasa. Apa itu? yaitu ketika kendaraan diisi BBM, pemilik impulsif menggoyang-goyangkan kendaraannya. Dalam benak si empunya kendaraan, tindakan yang dilakukannya itu sanggup menambah kapasitas tangki kendaraannya. Benarkah demikian?

Sekedar diketahui, sebagaimana kita pelajari dalam pelajaran Fisika di SD dahulu, bahwa salah satu sifat benda cair ialah ia akan berusaha menempati ruangan yang rendah dan kosong. Jadi, ketika benda cair dituangkan di sebuah ruang kosong, maka ia akan menempati seluruh ruang kosong yang sanggup dijangkau tanpa kecuali.

Saat mengisi BBM di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum  Benarkah Menggoyangkan Kendaraan Saat Isi BBM Bisa Menambah Kapasitas Tangki?

Berangkat dari prinsip aturan Fisika ini, maka apakah tindakan menggoyang-goyangkan kendaraan ketika mengisi BBM ialah tindakan yang tepat? Jawabannya adalah: Itu ialah tindakan yang salah dan sia-sia. Mengapa?

Sekencang apapun kendaraan diguncang, hal itu tidak akan menciptakan BBM menjadi padat atau menimbulkan kapasitas bensin menjadi membesar. Alih-alih ingin mendapat isi BBM yang lebih banyak, yang terjadi justru dengan guncangan-guncangan itu sanggup mengakibatkan BBM muncrat atau tercecer ke luar tanki.

Jadi… Masih mau menggoyang-goyangkan lagi kendaraan sewaktu mengisi BBM?